Ad 468 X 60

.

17 Agustus 2013

Widgets

Sejarah Berdirinya Geng TRIAD

Sejarah Berdirinya Geng TRIAD
Didirikan sekitar tahun 1760-an, didirikan sebuah organisasi dengan nama TRIAD, ( Cikal – bakal berdirinya geng TRIAD )organisasi ini bertujuan untuk menumbangkan kekaisaran Manchu era Dinasti Qing dan merestorasi peraturan Han di Cina. Dinasti Qing tumbang pada 1911. Komunitas yang awalnya bersifat patriotis ini kemudian berubah menjadi tak terarah yang mengakibatkan organisasi ini tidak terlibat dan tak ikut menikmati kemajuan Cina. Mereka lalu menjadi marah dan depresi, namun tak mampu mengubah jalan hidup pemberontak yang mendarah daging selama dua abad lebih. Akhirnya mereka berkembang menjadi organisasi kriminal bawah tanah. Inilah awal mula berdirinya geng triad

Sekitar tahun 1960 s/d 70-an tersiar kabar bahwa organisasi/geng triad ini sering bekerja sama dengan kepolisian dalam mengontrol wilayah kekuasaan mereka. Hal ini menimbulkan korupsi di tubuh kepolisian. Pada 1974, Komisi Independen Pemberantas Korupsi (ICAC) mengatasi masalah ini yang mengakibatkan Triad kehilangan rekan bisnisnya, yang mengakibatkan mereka beralih ke perdagangan bawah tanah.Terdapat sekita 57 komunitas Triad di Hongkong. Kekuatan mereka terus meningkat, namun tetap ‘merendah’. Mereka kejam dalam urusan kriminal. Pengaturan keanggotaannya sangat rumit. Kekuatan mereka lebih kuat dari yang diperkirakan. Mereka beroperasi dalam skala yang sangat kecil dan membatasi kekerasan antar anggota geng untuk menghindari sorotan publik. Tak ada figur pemimpin, namun secara umum mereka tergabung dalam beberapa kelompok independen yang sederajat, sehingga tidak dapat saling memerintah dan perbedaan level. Kekuatan sesungguhnya berada di level bawah dari hirarkinya. Biasanya seorang petarung membawahi sekitar 15 anggota aktif yang menguasai jalanan, gedung, pasar, lapangan, atau taman. 

Sejarah Berdirinya Geng TRIAD
Saat ini posisi organisasi ganster triad lebih mirip seperti organisasi bisnis. Interaksi antar kekuatan geng TRIAD di Cina daratan, Taiwan, Macau, dan Hongkong tidak menghindar dari perhatian pihak berwenang setempat, namun justru mendapat banyak keuntungan. Pasar terbesar saat ini berada di Cina daratan, dan mereka sangat berorientasi pada bisnis. Mereka mengejar uang dalam jumlah besar lewat jalan apapun.

Organisasi ganster triad mengacu pada banyak cabang organisasi kejahatan terorganisir transnasional Cina yang berbasis di Hong Kong, Macau, Taiwan dan juga di negara-negara dengan populasi Cina yang signifikan, seperti Filipina, Malaysia, Singapura, Siam (sekarang Thailand), Jepang, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru dan Inggris.

Untuk menjadi anggota ganster triad  harus menjalankan upacara dengan mengucapkan 36 butir sumpah, 3 butir di antaranya:

  • Setelah memasuki gerbang Hung I, saya harus memperlakukan orangtua dan kerabat dari saudara sesumpah saya sebagai keluarga saya sendiri. Jika saya melanggar saya bersedia mati disambar lima petir.’
  • Saya tidak akan berkonspirasi dengan orang lain untuk mencurangi saudara sesumpah saya dalam berjudi. Jika terjadi saya akan mati oleh pedang anggota-anggota saya sendiri.’
  • Jika saya mengetahui bahwa Pemerintah mencari saudara sesumpah saya, maka saya akan segera memberitahu saudara sesumpah saya tersebut agar ia dapat melarikan diri dengan segera. Jika melanggar saya akan mati disambar lima petir.
Baca juga artikel tentang Sejarah Berdirinya Geng YKUZA

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Yayang Aser
Hidup adalah sebuah perjalanan, Bukan hasil akhir yang dinilai, Tapi proses bagaimana menjalaninya. Manusia hanya wajib untuk berusaha dan tidak wajib untuk berhasil, Hasil akhir hanyalah efek dari usaha yang kita lakukan........→

2 komentar: